Sabtu, 26 Februari 2011

TEKAN NAFAS BUKAN BERATI MENGEJAN

Alasan mengapa aku ingin menulis tentang judul di atas, karena ada sedikit cerita dari salah satu anggota SN yang sudah berhenti latihan karena salah dalam mengartikan instruksi dari pelatih.
Ceritanya begini : Alasan mengapa beliau keluar dari SN karena setelah berlatih beberapa waktu, bahkan sudah masuk Gabungan, yang terjadi bukan tambah sehat tetapi beliau malah terkena penyakit "Tedun". Dengan alasan itulah, bliau keluar.
Kemudian, aku berpikir : Mengapa beliau bisa terkena penyakit tedun, padahal sebelumnya tidak?
Perkiraan saya, ketika pelatih memberi aba - aba : tarik nafas..., tahan...,  tekan....terus melakukan jurus. Anggota tadi melakukan tekan nafas yang tidak tepat. Menurut pelatih Pusat, " Ketika tekan nafas, bukan sama dengan mengejan. Bedanya adalah ketika tekan nafas yang benar: anggota masih bisa menelan ludah, atau bicara. Jika, anggota ketika menekan nafas tidak dapat bicara itulah yang dinamakan Mengejan." Jadi memang beda antara tahan , tekan nafas dengan mengejan.
Demikian sekilas informasi yang kami sampaikan, semoga bermanfaat bagai seluruh anggota Satria Nusantara, dan jangan sampai mengalami kejadian seperti teman saya. Terima kasih!!!


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar