Jumat, 11 Februari 2011

SENAM RINGAN DENGAN METODE LSP SATRIA NUSANTARA

“Kesehatan bukan hal yang paling utama dalam hidup kita, namun tanpa kesehatan seakan hidup ini tiada artinya.” Demikian seuntai kalimat yang dapat di pakai pada awal tulisan kali ini.
Dengan memaknai sendiri, maka kami sebagai seorang yang lemah ingin rasanya berbagi pengalaman dalam usaha melatih fisik dan mental untuk mencapai taraf kesehatan di level lebih baik.
Mungkin tulisan ini dapat sebagai acuan atau pun pandangan baru untuk saudara – saudara ku semua :
1. Senam Satria Nusantara kali ini dilakukan pada saat pagi hari selepas sholat Subuh.
2. Saat tulisan ini sibuat, sholat Subuh dilakukan pada jam 04.00 ( alangkah baiknya sholat Subuh di masjid ) sehingga lepas sholat Subuh jam 04.15.
3. Sampai di rumah, mulai ambil posisi dengan duduk napas, berdoa, mulai dengan tarik napas ( dalam hati mengucap lafaz “ Laillahailallah” sebanyak 7 kali, tekan napas 7 kali dan keluar napas 7 kali.
4. Selepas duduk napas, mulai dengan pemansan ringan selama 2 menit, dilanjutkan dengan gerakan jurus :
a. Jurus 1 sebanyak 4 kali
b. Jurus 2 : 1 kali
c. Jurus 3 : 1 kali
d. Jurus 4 : 1 kali
e. Jurus 5 : 1 kali
f. Jurus 6 : 2 kali
g. Jurus 7 : 1kali
h. Jurus 8 : 1 kali
i. Jurus 9 : 2 kali (bahkan sampai 4 kali karena saat ini pusat kesehatan yang aku olah adalah pernapasan hidung yang kurang lancar )
j. Jurus 10 : 2 kali ( sebagi jurus penutup )
5. Tenyata, waktu yang di gunakan untuk melakukan gerakan itu, mencapai waktu kurang lebih 30 menit termasuk duduk napas terakhir / penutup.
Teknik olah napas kami lakukan :
1. Sebelum mulai gerak, kedua tangan pada posisi lurus ke depan, tarik napas tahan ..., tekan ..., dan baru mulai bergerak.
2. Akhir dari setiap gerakan, tangan lurus ...dan setelah lurus betul...mengucap Allah ( dilafazkan )sambil menghitung1,2,.....15/20, tapi napas tidak keluar.
3. Dengan olah napas yang kami lakukan, hasil yang kami rasakan : ketikan menghadapi kegiatan satu hari penuh dengan semangat, tidak mengeluh menghadapi masalah, dan masih ada hasil lain yang aku rasakan khususnya kesehatan tubuh.
Mungkin ini yang dapat aku tulis untuk hari ini, semoga ada manfaatnya, khususnya untuk diriku sendiri dan jika ada yang mengambil manfaatnya , Alhamdulillah!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar